Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta


Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta - Pergi ke Yogyakarta pasti kita teringat salah satu tempat wisata alam yang terkenal, yaitu Kalibiru. Wisata Alam Kalibiru belakangan ini tengah menjadi destinasi wisata yang hits. Siapa sangka, ternyata kawasan wisata alam tersebut memiliki nilai-nilai demokratis.

Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta
Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta

Alamat Lokasi dan Jalan Menuju Kalibiru Yogyakarta

Kalibiru adalah nama sebuah Dusun yang terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi D.I Yogyakarta. Sebelum menjadi seperti sekarang, Kalibiru merupakan sebuah hutan biasa yang ditinggali oleh petani karena sumber pencarian mereka di daerah ini.

Ada yang menarik tentang pengelolaan Wisata Alam Kalibiru. Hampir seluruh potensi dan sumber dayanya berasal dari penduduk setempat. Mulai dari pembentukan wilayahnya pun berdasarkan hasil inisiatif dari warga dusun, yang namanya sama dengan tempat wisata ini, yakni Kalibiru.

Gambar Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta
Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta

Sejarah Kalibiru Yogyakarta

Konon katanya zaman dahulu terdapat mata air warnanya biru, jadi masyarakat menamainya menjadi Kalibiru. Berbagai macam atraksi track ditawarkan oleh Kalibiru. Mulai dari wall climbing, flying fox, dan beberapa spot foto yang menjadi daya tarik utama di sini. Hasil usaha kelompok tani benar-benar memanfaatkan sumber daya dari desa setempat. Pemberdayaan masyarakat pun selalu dilakukan untuk memaksimalkan potensi wisata.

Pemandangan Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta
Pemandangan Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta

Pemandangan Kalibiru Yogyakarta

Puncak Kalibiru memiliki ketinggian 450 mdpl dari puncaknya Anda juga akan bisa melihat pemandangan waduk soemarno dan perbukitan monoreh, bahkan jika Anda beruntung datang ke kalibiru saat cuaca cerah maka kalian bisa melihat pemandangan obak pantai selatan dari tempat ini.

Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta
Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta

Fasilitas dan Tiket Masuk Kalibiru Yogyakarta

Berbagai fasilitas yang disediakan antalain seperti parkir kendaraan 24 jam kios makanan, MCK, outbond flyingfox, home stay dan pendopo untuk menunjang kegiatan Anda selama di objek wisata kalibiru, untuk tiket masuk kalibiru sendiri seharga Rp. 5000 , apabila Anda ingin melihat pemandangan dari atas maka Anda harus merogoh kocek senilai Rp.10.000 untuk bisa menaiki menara pandang.

Gambar Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta
Flying Fox Kalibiru Yogyakarta


Fasilitas lain seperti flying fox dikenakan biaya Rp.10.000 untuk dewasa dan Rp.5000 untuk anak-anak terdapat 2 pilihan rute flying fox yaitu 50 meter dan 85 meter. Fasilitas seperti pendopo disewakan Rp.150.000 biasanya fasilitas ini digunakan untuk acara gathering, retreat atau makrab. Bagi Anda yang tertarik untuk mengadakan outbond disini Anda juga bisa menyewa pemandu outbond yang disediakan warga sekitar.

Anda bisa menemukan berbagai macam kuliner khas Yogyakarta yang dijual olah masayarakat setempat dan Anda juga bisa menemukan tempat penginapan yang sudah disediakan yang tentunya harganya tetap terjangkau karena pada tempat wisata ini terdapat paguyuban yang mengecek standar harga hingga kebersihan sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari tempat yang pas.

Penginapan di Kalibiru Yogyakarta
Penginapan di Kalibiru Yogyakarta

Penginapan di Kalibiru Yogyakarta

Untuk Anda yang ingin menginap di tempat ini juga disediakan penginapan yang harganya sangat terjangkau dengan harga kisaran Rp. 250 ribuan permalamnya, jika kalian menginap di sini jangan lupa bangun pagi karna Anda bisa melihat sunrise yang sangat cantik dari jendela penginapan Anda.

Bagi wisatawan mancaegara sekalipun masayarakat setempat menyediakan penerjemah atau pemandu wisata.

Rute Kalibiru Yogyakarta

Rute yang paling sering dilalui untuk mencapai kalibiru adalah rute Sermo karena dalam perjalanan Anda bisa melihat Bendungan Sermo yang memanjakan mata dengan pemandangan yang indah, rute ini bisa ditempuh dari Sentolo – Pengasih - Alun-alun Wates - RSUD Wates – Beji – Sermo – Kalibiru.

Nah itu dia tadi penjelasan singkat mengenai wisata alam kalibiru di Yogyakarta semoga Anda tertarik mengunjungi tempat ini karna di jamin perjalanan dan uang yang Anda habiskan untuk ketempat ini akan terbayar lunas dengan pemandangan dan pengalaman yang Anda dapatkan di tempat ini.

Gambar-Gambar Pemandangan Kalibiru Yogyakarta

Berikut ini adalah gambar pemadangan yang di tempat wisata alam kalibiru yogyakarta :

Gambar Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta

0 Response to "Kalibiru Wisata Alam Yogyakarta"

Posting Komentar