Museum Sonobudoyo Yogyakarta


Museum Sonobudoyo - Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang kaya akan potensi alam yang menarik, sehingga banyak sekali wisatawan yang menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata untuk menghabiskan waktu berlibur.

Tak hanya wisata alamnya saja, banyak sekali wisata budaya menarik yang bisa Anda kunjungi di Yogyakarta, maka tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang mencari tiket pesawat promo untuk berlibur di kota dengan makanan khas yang dinamai Gudeg ini.

Berbicara mengenai liburan ke Jogja, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Museum Sonobudoyo. Museum ini merupakan museum yang memiliki koleksi terlengkap di Yogyakarta, bahkan museum ini terlengkap kedua di Indonesia setelah Museum Nasional yang ada di Jakarta.

Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Sejarah Museum Sonobudoyo

Pada awalnya, museum ini merupakan sebuah yayasan bernama Java Institut yang bergerak di bidang Kebudayaan meliputi Jawa, Bali, Madura, dan Lombok. Yayasan ini berdiri pada tahun 1919, tepatnya di Surakarta. Selanjutnya pada tahun 1924 dibangunlah museum Sonoyudo di Yogyakarta. Padaawal pembangunannya, museum ini memiliki puluhan ribu koleksi artefak sejarah.

Pada 6 November 1935, Museum ini diresmikan langsung oleh Sri Sultan HamengkuBuwono VII. Peresmian ini ditAndai dengan adanya candra sengkala yang bertuliskan “Kayu Kinayang Ing Brahmana Budha”.

Pengelolaan museum ini langsung ditangani oleh Kantor Sosial di Bagian Pengajaran saat masa pemerintahan Bangsa Jepang. Setelah kemerdekaan Indonesia, pengelolaan museum ini dikembalikan kepada pemerintah daerah setempat. Lalu berdasarkan pada kebijakan yang ada, pada tahun 1974 pengelolaan dikembalikan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Yogyakarta.

Museum ini terbagi menjadi dua bagian yang letaknya terpisah. Bagian pertama dari unit ini berada di kawasan alun alun utara Keraton Yogyakarta. Sedangkan unit kedua berada di kawasan Wilijan.

Unit Galeri Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Unit Galeri Museum Sonobudoyo

Unit Galeri Museum Sonobudoyo

Setidaknya terdapat 10 jenis koleksi yang ada di dalam Museum Sonobudoyo, mulai dari geologi, teknologi, seni rupa, keramologi, etnografi, biologi, filologika, historika, arkeologi, dan numismatika.

Salah satu koleksi museum yang paling populer adalah Senjata Keris, setidaknya terdapat sekitar 1200 keris yang ada di dalam museum ini. Keris-keris ini berasal dari seluruh penjuru Nusantara, dengan bentuk dan jenisnya yang bermacam macam. Museum ini juga menyimpan bahan baku dari pembuatan keris di tahun 700 M yaitu Wesi Buddha.

Tak hanya keris, banyak koleksi koleksi lainnya dari peninggalan masa pra sejarah hingga masa masuknya agama Islam di Indonesia mulai dari kapak batu, topeng, kain batik, wayang, teracota, dan lainnya. Terdapat pula koleksi unggulan yaitu Topeng Emas Puspa Sarira yang berbahan dasar emas sebagai perwujudan dari Gayatri.

Museum ini juga banyak menyimpan buku dan naskah yang berkaitan dengan kebudayaan, sehingga museum ini sering digunakan sebagai tempat penelitian mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia.

Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Alamat Lokasi dan Rute Menuju Museum Sonobudoyo

Karena letaknya yang berada di tengah tengah kota, maka akses menuju wisata Museum Sonobudoyo ini sangat mudah. Anda bisa menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi umum seperti bus trans, andong, sepeda, bus kota, becak, dan lainnya. Jika Anda dari kawasan Malioboro, Anda hanya tinggal berjalan kaki sedikit untuk mencapai museum Sonobudoyo ini.

Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Tiket Masuk Museum Sonobudoyo

Untuk tiket masuk, kategori dewasa dikenakan Rp 5.000/orang, untuk anak anak Rp 2.500/orang. Jika Anda datang dalam satu rombongan, maka dewasa dikenakan biaya Rp 2500/orang dan untuk anak anak Rp 2.000/orang. Untuk wisatawan asing yang datang dikenakan biaya Rp 5.000/orang. Jika Anda berniat menonton pagelaran wayang, maka Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 20.000/orang. Cukup murah bukan?

Berlibur ke Museum Sonobudoyo tak hanya akan membuat liburan Anda menyenangkan namun juga membuat Anda dapat belajar banyak hal mengenai sejarah Indonesia. Tunggu apalagi, cari tiket pesawat murah tujuan jogja sekarang juga sebagai destinasi liburanmu berikutnya. Liburan murah meriah ini bisa Anda rekomendasikan sebagai liburan bersama keluarga Anda.

Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Gambar-Gambar Museum Sonobudoyo

Berikut ini adalah gambar-gambar dari museum sonobudoyo yogyakarta :

Wayang Museum Sonobudoyo
Wayang Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Sonobudoyo Museum Wayang Kulit
Sonobudoyo Museum Wayang Kulit

Sonobudoyo Museum Puppet Show
Sonobudoyo Museum Puppet Show

0 Response to "Museum Sonobudoyo Yogyakarta"

Posting Komentar